Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Strategi Mencegah Penyakit Jantung (Part 1)

Minggu, 04 Januari 2015

Strategi Mencegah Penyakit Jantung. Oleh Staff Mayo Clinic Penyakit jantung dapat menjadi penyebab utama kematian, tetapi itu tidak berarti Anda harus menerimanya sebagai takdir Anda. Meskipun Anda tidak memiliki kekuatan untuk mengubah beberapa faktor risiko - seperti riwayat keluarga, jenis kelamin atau usia - ada beberapa langkah pencegahan penyakit jantung kunci yang dapat Anda ambil. Anda dapat menghindari masalah jantung di masa depan dengan menerapkan gaya hidup sehat hari ini. Berikut adalah enam tips pencegahan penyakit jantung untuk Anda mulai.  

1. Jangan merokok atau menggunakan tembakau
Merokok atau menggunakan tembakau dalam bentuk apapun merupakan salah satu faktor risiko yang paling signifikan untuk mengembangkan penyakit jantung. Bahan kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, menyebabkan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis). Aterosklerosis akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

Karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan beberapa oksigen dalam darah Anda. Hal ini meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung dengan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup. Wanita yang merokok dan minum pil KB memiliki risiko lebih besar terkena serangan jantung atau stroke daripada mereka yang tidak melakukan keduanya karena merokok dan minum pil KB meningkatkan risiko pembekuan darah.

 2. Latihan selama 30 menit pada sebagian besar hari dalam seminggu
Mendapatkan beberapa, latihan sehari-hari secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung fatal. Dan ketika Anda menggabungkan aktivitas fisik dengan langkah-langkah gaya hidup lainnya, seperti menjaga berat badan yang sehat, imbalannya bahkan lebih besar. Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan dan dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan kondisi lain yang dapat menempatkan ketegangan pada jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Cobalah mendapatkan setidaknya 30 sampai 60 menit aktivitas fisik cukup intens hampir setiap hari dalam seminggu. Namun, jumlah yang lebih pendek dari penawaran olahraga manfaat jantung, jadi jika Anda tidak dapat memenuhi pedoman tersebut, jangan menyerah. Anda bahkan bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang sama jika Anda putus waktu latihan Anda menjadi tiga sesi 10 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Dan ingat bahwa kegiatan, seperti berkebun, rumah tangga, mengambil tangga dan berjalan anjing semua dihitung terhadap total Anda. Anda tidak perlu berolahraga keras untuk mencapai manfaat, tetapi Anda dapat melihat manfaat yang lebih besar dengan meningkatkan intensitas, durasi dan frekuensi latihan Anda.

 3. Makan makanan yang sehat untuk jantung
Makan makanan yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dua contoh rencana makanan jantung sehat termasuk diet Pendekatan to Stop Hypertension (DASH) rencana makan dan diet Mediterania. Diet kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dapat membantu melindungi jantung Anda. Kacang, sumber rendah lemak protein lain dan beberapa jenis ikan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Membatasi lemak tertentu yang Anda makan juga penting. Dari jenis lemak - jenuh, tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal dan lemak trans - lemak jenuh dan lemak trans adalah orang-orang yang mencoba untuk membatasi atau menghindari. Cobalah untuk menjaga lemak jenuh tidak lebih dari 10 persen dari kalori harian Anda. Dan, cobalah untuk menjaga lemak trans dari diet Anda sama sekali.

Sumber utama lemak jenuh antara lain:

  • daging merah 
  • produk susu 
  • Minyak kelapa dank kelapa 

Sumber lemak trans meliputi:
  • Makanan cepat goreng 
  • produk roti 
  • Makanan ringan dikemas 
  • margarin 
  • kerupuk 
  • Jika label nutrisi memiliki istilah "partially hydrogenated," itu berarti bahwa produk mengandung lemak trans. 
Hati-sehat makan tidak semua tentang mengurangi, meskipun. Lemak sehat dari sumber nabati, seperti alpukat, kacang-kacangan, buah zaitun dan minyak zaitun, membantu jantung Anda dengan menurunkan jenis kolesterol.

Kebanyakan orang perlu menambahkan lebih banyak buah dan sayuran untuk diet mereka - dengan tujuan lima sampai 10 porsi sehari. Makan banyak buah-buahan dan sayuran tidak hanya dapat membantu mencegah penyakit jantung, tetapi juga dapat membantu mencegah kanker dan meningkatkan diabetes.  

Makan beberapa porsi seminggu ikan tertentu, seperti salmon dan makarel, dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Mengikuti diet jantung sehat juga berarti mengawasi berapa banyak alkohol yang Anda minum. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, lebih baik bagi jantung Anda untuk melakukannya di moderasi. Untuk orang dewasa yang sehat, yang berarti sampai satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan laki-laki yang lebih tua dari usia 65, dan sampai dua gelas sehari untuk pria usia 65 dan lebih muda. Pada tingkat moderat, alkohol dapat memiliki efek perlindungan pada jantung Anda. Lebih dari itu menjadi bahaya kesehatan.

Sumber dari :
mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-disease-prevention/art-20046502

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © -2012 Alfajar_27 Weblog All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks