BOLU KEMOJO, MAKANAN KHAS RIAU YANG BEGITU MANIS

By Ahmad Alfajar - 08.36


Jika Anda berada di Provinsi Riau akan terasa kurang lengkap bila tidak mencicipi makanan khas melayu ini. Makanan yang sangat populer karena kemanisannya ini akan banyak dijumpai di beberapa daerah di Provinsi lancang kuning ini, khususnya kampung penulis sendiri yaitu Ujungbatu, Rokan Hulu. Acara-acara besar seperti hajatan, lebaran dan lainnya takkan lepas dari hidangan manis yang satu ini.

Makanan khas Riau ini dinamakan bolu kemojo karena pada awalnya cetakan untuk membuat makanan ini berbentuk bunga kemboja meski pada perjalanannya hingga saat ini banyak bentuk-bentuk dan variasi baru yang bisa kita temukan termasuk dalam hal rasa dan aroma. Aroma khas asli dari bolu kemojo adalah buah pandan. Kini, pilihan rasanya menjadi beragam, durian, nangka, keju, dan rasa lainnya.

Sobat Indonesia Travel harus tahu bahwa bolu kemojo berbeda dengan makanan-makanan khas lainnya. Meski berbahan dasar sama, yaitu mentega, telur, gula pasir, dan tepung terigu namun ada yang berbeda. Jika makanan pada umumnya bertekstur halus, pada makanan khas yang berwarna hijau ini memiliki tekstur lebih kasar dan diberi campuran santan. Hingga saat Sobat Indonesia Travel ingin mengunyahnya akan butuh sedikit tenaga.

Setiap kali penulis liburan ke kampung halaman dan kembali untuk meneruskan pendidikan ke Universitas Diponegoro Semarang orangtua selalu menyempatkan untuk membuat ataupun membeli bolu kemojo ini untuk dibawa. Namun salah satu kekurangannya adalah tidak tahan lama karena memang dibuat tanpa bahan pengawet. Kurang lebih lima hingga tujuh hari makanan ini sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi.

Rasanya yang begitu manis menjadi ciri khas dari makanan ini dibanding makanan lainnya dan dengan teksturnya yang kasar serta lembut dibagian dalam menjadi keunikan tersendiri yang akan selalu dikenang oleh pecinta kuliner nusantara. Silahkan untuk mencoba.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar