Ingin Lepas Dari Zona Nyaman???

By Ahmad Alfajar - 16.04

Zona nyaman, ada apa dengan zona nyaman??? Masih bingung???

Banyak mahasiswa dari universitas manapun yang larut dalam zona kenyamanan yang mereka bentuk sendiri. Terutama dalam hal finansial atau yang mugkin biasa dikenal dengan kemandirian. Berapa banyak mahasiswa yang kuliah dengan usaha jerih payah mereka sendiri. Mengeluarkan tiap tetes keringat untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan. Tidak banyak. Hanya beberapa dari beribu mahasiswa yang ada di Indonesia. Termasuk diriku...

Sudah ada keinginan untuk lepas dari beasiswa penuh orangtua. Keberanian. Masih belum ada keberanian untuk melakukan hal tersebut. Tadi, karena kita sudah terlanjur dalam zona nyaman, kenyamanan yang membuat kita takut, ragu-ragu, apapun itu untuk berusaha mencicipi hasil manis dari usaha kita sendiri. Makanya tidak banyak yang bisa dengan keberanian untuk mengatakan, bahwa aku harus bisa menghidupi diriku sendiri. Semacam ada ketakutan yang timbul ketika kita harus lepas dari finansial orangtua. Takut tidak bisa, khawatir jika kuliah bakal hancur dan lebur, ragu-ragu harus memulai darimana. Keberanian, keyakinan, kecerdasan, spritual dan banayk faktor yang harus kita bangun dalam diri kita. Modal???

Jangan tanyakan modal. Karena ketika kita yakin apapun pasti bisa. Yang membedakan hanya sedikit. Kemauan dan action. Banyak yang punya rencana dan kemauan tapi tidak action yang mereka lakukan. Hanya sebatas ide dalam pikiran. Begitu mungkin yang juga aku rasakan dalam pergolakan diriku. Ada hasrat untuk membina diri menjadi mandiri dan disatu sisi keraguan untuk memulai dan mencoba.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar