Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Strategi Mencegah Penyakit Jantung (Part 1)

Minggu, 04 Januari 2015 | 0 komentar

Strategi Mencegah Penyakit Jantung. Oleh Staff Mayo Clinic Penyakit jantung dapat menjadi penyebab utama kematian, tetapi itu tidak berarti Anda harus menerimanya sebagai takdir Anda. Meskipun Anda tidak memiliki kekuatan untuk mengubah beberapa faktor risiko - seperti riwayat keluarga, jenis kelamin atau usia - ada beberapa langkah pencegahan penyakit jantung kunci yang dapat Anda ambil. Anda dapat menghindari masalah jantung di masa depan dengan menerapkan gaya hidup sehat hari ini. Berikut adalah enam tips pencegahan penyakit jantung untuk Anda mulai.  

1. Jangan merokok atau menggunakan tembakau
Merokok atau menggunakan tembakau dalam bentuk apapun merupakan salah satu faktor risiko yang paling signifikan untuk mengembangkan penyakit jantung. Bahan kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, menyebabkan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis). Aterosklerosis akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

Karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan beberapa oksigen dalam darah Anda. Hal ini meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung dengan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup. Wanita yang merokok dan minum pil KB memiliki risiko lebih besar terkena serangan jantung atau stroke daripada mereka yang tidak melakukan keduanya karena merokok dan minum pil KB meningkatkan risiko pembekuan darah.

 2. Latihan selama 30 menit pada sebagian besar hari dalam seminggu
Mendapatkan beberapa, latihan sehari-hari secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung fatal. Dan ketika Anda menggabungkan aktivitas fisik dengan langkah-langkah gaya hidup lainnya, seperti menjaga berat badan yang sehat, imbalannya bahkan lebih besar. Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan dan dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan kondisi lain yang dapat menempatkan ketegangan pada jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Cobalah mendapatkan setidaknya 30 sampai 60 menit aktivitas fisik cukup intens hampir setiap hari dalam seminggu. Namun, jumlah yang lebih pendek dari penawaran olahraga manfaat jantung, jadi jika Anda tidak dapat memenuhi pedoman tersebut, jangan menyerah. Anda bahkan bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang sama jika Anda putus waktu latihan Anda menjadi tiga sesi 10 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Dan ingat bahwa kegiatan, seperti berkebun, rumah tangga, mengambil tangga dan berjalan anjing semua dihitung terhadap total Anda. Anda tidak perlu berolahraga keras untuk mencapai manfaat, tetapi Anda dapat melihat manfaat yang lebih besar dengan meningkatkan intensitas, durasi dan frekuensi latihan Anda.

 3. Makan makanan yang sehat untuk jantung
Makan makanan yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dua contoh rencana makanan jantung sehat termasuk diet Pendekatan to Stop Hypertension (DASH) rencana makan dan diet Mediterania. Diet kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dapat membantu melindungi jantung Anda. Kacang, sumber rendah lemak protein lain dan beberapa jenis ikan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Membatasi lemak tertentu yang Anda makan juga penting. Dari jenis lemak - jenuh, tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal dan lemak trans - lemak jenuh dan lemak trans adalah orang-orang yang mencoba untuk membatasi atau menghindari. Cobalah untuk menjaga lemak jenuh tidak lebih dari 10 persen dari kalori harian Anda. Dan, cobalah untuk menjaga lemak trans dari diet Anda sama sekali.

Sumber utama lemak jenuh antara lain:

  • daging merah 
  • produk susu 
  • Minyak kelapa dank kelapa 

Sumber lemak trans meliputi:
  • Makanan cepat goreng 
  • produk roti 
  • Makanan ringan dikemas 
  • margarin 
  • kerupuk 
  • Jika label nutrisi memiliki istilah "partially hydrogenated," itu berarti bahwa produk mengandung lemak trans. 
Hati-sehat makan tidak semua tentang mengurangi, meskipun. Lemak sehat dari sumber nabati, seperti alpukat, kacang-kacangan, buah zaitun dan minyak zaitun, membantu jantung Anda dengan menurunkan jenis kolesterol.

Kebanyakan orang perlu menambahkan lebih banyak buah dan sayuran untuk diet mereka - dengan tujuan lima sampai 10 porsi sehari. Makan banyak buah-buahan dan sayuran tidak hanya dapat membantu mencegah penyakit jantung, tetapi juga dapat membantu mencegah kanker dan meningkatkan diabetes.  

Makan beberapa porsi seminggu ikan tertentu, seperti salmon dan makarel, dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Mengikuti diet jantung sehat juga berarti mengawasi berapa banyak alkohol yang Anda minum. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, lebih baik bagi jantung Anda untuk melakukannya di moderasi. Untuk orang dewasa yang sehat, yang berarti sampai satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan laki-laki yang lebih tua dari usia 65, dan sampai dua gelas sehari untuk pria usia 65 dan lebih muda. Pada tingkat moderat, alkohol dapat memiliki efek perlindungan pada jantung Anda. Lebih dari itu menjadi bahaya kesehatan.

Sumber dari :
mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-disease-prevention/art-20046502

Review Nokia Lumia 520

Senin, 08 Desember 2014 | 0 komentar

Handphone Nokia lumia 520 ini diluncurkan pada Februari tahun lalu atau 2014. Untuk banderol awal sekitar 2 jutaan smartphone dari finlandia ini yaitu nokia mulai merajai pasaran global. Karena menawarkan fitur-fitur yang sangat berkelas jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya.

Kelebihan nokia lumia 520
Bobot yang ringan yaitu pada 124 gram, sehingga cukup ringan ketika dimasukkan dalam kantong pakaian

·         Bagian layar telah menggunakan teknologi IPS
·         Layar dilapisi dengan Scratch-resistant glass sehingga memberikan perlindungan dari goresan yang tidak diinginkan
·         Waktu bicara yang cukup lama, nokia lumia 520 mampu melakukan panggilan hingga 14 jam an pada mode 2G, dan 9 jaman pada mode 3G
·         Adanya fitur wifi hotspot, sehingga selain bisa untuk akses internet dengan wifi, bisa juga berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya yang telah dilengkapi wifi
·         Telah terinstal adobe flash player sehingga bisa memutar file multimedia berformat flash ketika akses melakukan browsing
·         Kapasitas penyimpanan internal yang besar yaitu 8 GB
·         Mendukung memori card berjenis tambahan berjenis Micro SD, sehingga pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 64 GB jika penyimpanan internal masih kurang
·         dimensi yang cukup mungil yaitu dengan luas 119x 64 x 9 mm
·         Ukuran layar yang cukup lebar yaitu 4 inci, sehingga cukup memberikan keleluasaan bagi pengguna dalam menavigasi menu menu windows phone
·         Kamera berkekuatan 5 mp, dengan resolusi maksimum 2592х1936 pixels, dilengkapi dengan fitur autofocus
·         Kamera mampu melakukan perekaman video HD pada 720p @ 30 fps
·         Daya tahan baterai yang mampu standbay selama 2,5 hari dalam sekali pengisian baterai
·         Prosesor dengan inti ganda atau dual core dengan kecepatan 1 Ghz
·         Adanya bluetooth versi 3, sehingga dapat melakukan tranfer data lebih cepat dari versi sebelumnya
·         Adanya fitur GPS yang membantu pengguna dalam mengetahui posisinya dengan tepat
·         APlikasi BBM meski  masih dalam proses penyempurnaan
Kekurangan nokia lumia 520
·         Tidak ada kamera depan
·         Kapasitas ram yang hanya 512 MB
·         Fitur kamera tidak dilengkapi dengan fitur lampu flash, kemungkinkan menjadi blur ketika kurang cahaya
·         Kapasitas baterai yang standar yaitu 1430 mAh

BAGAIMANA DENGANMU WAHAI RASUL....???

Kamis, 17 Oktober 2013 | 0 komentar

Ingin sedikit berbagi pengalaman yang terjadi beberapa minggu yang lalu. Mungkin beberapa dari kita juga pernah mengalami hal yang sama tapi kita tidak pernah mengingatnya sebagai hal yang patut untuk dijadikan pelajaran dari sebuah perjalanan kehidupan.

3 Oktober 2013. Hari ini penulis berencana untuk memesan tiket KA (kereta api) dari Semarang ke Jakarta. Sebenarnya sudah dari pekan lalu ingin pulang dan silaturahim ke tempat mamak dan makcik disana. Tapi karena beberapa kendala jadilah hari ini.

Saat di stasiun poncol penulis baru ingat kalau semestinya dari kos-an penulis harus membawa pena untuk menulis kertas berisi data keberangkatan kita. Sebenarnya dari pihak stasiun juga sudah menyediakan pena disana. Tapi hanya satu buah pena yang mereka sediakan dengan calon pembeli tiket yang sangat banyak. Jadi tidak seimbang. Maka selain ada antrian tiket juga ada antrian pena disana. Padahal kalau kita tidak mau mengantri, kita bisa saja membelinya di alfamart atau penjual yang ada disana. Tapi namanya manusia yang penuh perhitungan terhadap angka-angka dan harga-harga maka rasanya itu juga sulit. Kenapa?

Pengalaman penulis, jika kita membeli pena di alfamart yang berada di stasiun, mereka tidak menjual pena yang satuan atau eceran perbuah tapi minimal kita harus membeli 2 buah pena yang memang sudah dipaket. Ataupun ketika kita ingin membeli di penjual-penjual yang memanfaatkan peluang ini mereka bisa menaikkan harga sampai 200%. Hah, namanya manusia ya. Emang dah... :D

So, dengan kondisi tersebut relalah beberapa orang untuk mengantri hanya demi sebuah pena kecuali jika mereka berani untuk meminjam pena dari calon pembeli yang memang telah membawanya sebelum ke stasiun dan inilah yang penulis lakukan. Hehehe....

Ketika itu penulis melihat seorang Ayah bersama anaknya yang masih kecil sedang menulis formulir keberangkatan KA. Dengan memasang mimik wajah yang berusaha menunjukkan ekspresi untuk ditolong dan malas mengantri, penulis berkata kepada sang Ayah,”Pak, saya boleh pinjamnya penanya setelah bapak”? Sang Ayah menjawab,” Ia mas setelah saya isi punya saya dulu”. Tapi dari nada dan intonasi bicaranya seperti ada ketidakrelaan dan tidak mau meminjamkan kepada penulis. Sebenarnya penulis juga tahu, tapi karena sudah dijanjikan ya penulis tunggu hingga sang Ayah selesai menulis formulir miliknya.

Ditunggu dan ditunggu penulis merasa sang Ayah terlalu asyik bermain dengan penanya hingga cukup lama Ia juga belum selesai mengisi formulir miliknya. Ketika penulis lirik, yah ngambil KTP dari kantongnya saja seperti slow motion dan gerakan tangannya untuk menulis sangat indah sekali hingga mungkin membutuhkan waktu yang lama menyelesaikannya.

Sedangkan antrian untuk sebuah pena makin bertambah meski perputarannya cepat. Tapi antrian untuk tiket? Panjaaaaaaaaaaaang dan lamaaaaaaaaaaa. Dalam hati penulis sedang dilema. Apakah tetap menunggu pena dari sang Ayah atau langsung mengambil antrian untuk sebuah pena tadi. Yah, penulis masih tetap tidak beranjak dari posisinya yang berdiri untuk menunggu pena dari sang Ayah. Tapi... tapi.... tapi.... tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii...............................................................................

Tahu apa yang terjadi???
Dengan segala keramahannya yang coba ditunjukkan sang Ayah kepada penulis, Ia langsung berdiri dari tempat duduknya dan menggandeng anaknya untuk langsung masuk ke antrian tiket tanpa melihat dan berkata sepatah kata apapun kepada penulis. Dan penanya??? Tidak perlu Anda tanya karena sang Ayah membawanya tanpa ingin meminjamkannya kepada penulis. Tapi masalahnya kenapa Ia tidak berkata dari awal kalau memang tidak mau meminjamkannya. Maka dengan mengumpulkan segala kepingan hati yang mulai marah, kesal, dan segala macam perasaan lainnya penulis mencoba untuk tetap santai dan tidak menanggapi apapun dari sikap sang Ayah. Cukup untuk langsung berdiri dan mulai mengantri sebuah pena yang memang telah disediakan oleh pihak stasiun.

Singkatnya penulis telah mengisi formulir keberangkatan dengan harus mengantri pada barisan antrian sebuah pena. Namun, masih ada hal yang membuat penulis makin geram dan kesal. Saat penulis berada di antrian sebuah pena, penulis melihat sang Ayah malah meminjamkan penanya kepada salah seorang dari calon pembeli tiket. Apa??? Ya sudahlah, jangan dibawa pikiran ntar malah pusing sendiri jadinya.

Maka saat berada di antrian tiket, sang Ayah lumayan jauh berada di depan penulis. Karena bosan menunggu dengan hanya berdiri dan berharap semoga tiketnya masih ada, penulis sengaja melirik kepada sang Ayah agar ia merasa bersalah dan setidaknya ada yang ia katakan kepada penulis. Tapi ternyata tetap tidak ada sikap. Sepanjang antrian itulah penulis gak tahu kenapa seolah-olah berharap yang tidak baik kepada sang Ayah. Salah satu contohnya, semoga tiketnya terbang dibawa angin dan hilang entah kemana. Pokoknya selama antrian itu penulis merasa menjadi kesal dengan sangat dan ingin marah kepada sang Ayah. Ada pertempuran hati yang terjadi disana. Bagaimana tidak yang semestinya penulis bisa dibarisan depan dan lebih cepat untuk membeli tiket malah tertinggal di belakang.

Tapi sejenak terlintas pikiran. Apa yang akan Rasulullah lakukan kalau semisalnya berada di posisi penulis. Apakah Rasul yang agung ini akan marah atau mengambil sikap yang lainnya dan penulis yakin dan percaya kalau pembaca juga pasti tahu jawabannya.

Jangankan hal seremeh ini. Diludahi dan dilempari kotoran unta saja Rasul tetap tidak bergeming untuk membalas. Malah Bagindalah yang menjadi orang pertama yang mengunjungi orang yang sering meludahinya ketika sakit. Dengan mengingat kisah-kisah ini penulis sadar atas segala khilaf dalam pikiran yang tidak baik kepada sang Ayah. Ya Allah, bagaimana telah Engkau anugrahkan sebaik-baik teladan kepada kami semua...
Penulis kembali menoba untuk menjernihkan pikiran dan menarik kepingan-kepingan hati yang penuh kebaikan setelah kepingan-kepingan jahat menguasai sejenak. Yah, setidak sudah jauh lebih baik.


Bagaimana denganmu Ya Rasul... Mungkin kisah ini sangat sepele. Tapi satu hal yang peulis rasakan saat itu adalah perasaan yang sangat berkecamuk terhadap hal-hal yang tidak baik. Mendoakan sesuatu yang buruk kepada sang Ayah, dan perasaan yang mungkin agak susah dideskripsikan ya... Hehehe :D. Dan Sekali lagi mengingat kisah Rasul memang membuat kita bisa semangat, bisa bertambah kuat, dan hal-hal yang penuh kebaikan lainnya.

BOLU KEMOJO, MAKANAN KHAS RIAU YANG BEGITU MANIS

Jumat, 30 Agustus 2013 | 0 komentar

Jika Anda berada di Provinsi Riau akan terasa kurang lengkap bila tidak mencicipi makanan khas melayu ini. Makanan yang sangat populer karena kemanisannya ini akan banyak dijumpai di beberapa daerah di Provinsi lancang kuning ini, khususnya kampung penulis sendiri yaitu Ujungbatu, Rokan Hulu. Acara-acara besar seperti hajatan, lebaran dan lainnya takkan lepas dari hidangan manis yang satu ini.

Makanan khas Riau ini dinamakan bolu kemojo karena pada awalnya cetakan untuk membuat makanan ini berbentuk bunga kemboja meski pada perjalanannya hingga saat ini banyak bentuk-bentuk dan variasi baru yang bisa kita temukan termasuk dalam hal rasa dan aroma. Aroma khas asli dari bolu kemojo adalah buah pandan. Kini, pilihan rasanya menjadi beragam, durian, nangka, keju, dan rasa lainnya.

Sobat Indonesia Travel harus tahu bahwa bolu kemojo berbeda dengan makanan-makanan khas lainnya. Meski berbahan dasar sama, yaitu mentega, telur, gula pasir, dan tepung terigu namun ada yang berbeda. Jika makanan pada umumnya bertekstur halus, pada makanan khas yang berwarna hijau ini memiliki tekstur lebih kasar dan diberi campuran santan. Hingga saat Sobat Indonesia Travel ingin mengunyahnya akan butuh sedikit tenaga.

Setiap kali penulis liburan ke kampung halaman dan kembali untuk meneruskan pendidikan ke Universitas Diponegoro Semarang orangtua selalu menyempatkan untuk membuat ataupun membeli bolu kemojo ini untuk dibawa. Namun salah satu kekurangannya adalah tidak tahan lama karena memang dibuat tanpa bahan pengawet. Kurang lebih lima hingga tujuh hari makanan ini sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi.

Rasanya yang begitu manis menjadi ciri khas dari makanan ini dibanding makanan lainnya dan dengan teksturnya yang kasar serta lembut dibagian dalam menjadi keunikan tersendiri yang akan selalu dikenang oleh pecinta kuliner nusantara. Silahkan untuk mencoba.


Goodbye Becks

Senin, 20 Mei 2013 | 0 komentar

Gak nyangka pemain favoritku semenjak kecil akhirnya memutuskan untuk pensiun dari lapangan hijau. Yah, sedih juga sih. Masih ingat gimana dulu waktu SD rela-relain beli koran teman yang edisi bola hanya untuk buat kliping gambarnya. Sampai niru-niruin gaya bermainnya lagi. Becks juga alasanku mengapa ngefans banget sama Manchester United hingga kini. Meski dia sempat pindah ke beberapa klub tapi tetap my favourite club is The Red Devils. Hehehe...

Sayang juga gak bisa ngelihat aksinya lagi di lapangan hijau yang penuh kharismatik, menurutku. Karena aku memang menyukai gaya permainnannya sebagai crosser dan yang dikenal mempunyai tendangan bebas paling hebat di dunia ini. But, you are the best player ever that I knew Becks.

Keputusan untuk pensiun mungkin terbilang tepat karena bisa membawa PSG menjadi juara liga Prancis meski tidak terlalu memiliki peran penting. Dialah satu-satunya pemain British yang bisa juara liga bersama 4 ti dari negara yang berbeda. MU, Real Madrid, La Galaxy dan PSG adalah empat tim yang pernah dibelanya dan menjadi juara.

Alhamdulillah semenjak SD hingga SMA aku selalu terpilih untuk bergabung dalam tim sepakbola sekolah meski beberapa kesempatan tidak menjadi tim inti dan meski posisiku hanya sebagai gelandang bertahan. Tapi di beberapa pertandingan aku pernah diberi  kesempatan untuk mengambil tendangan bebas. Yang paling kuingat adalah saat pertandingan SMA. Aku mencetak gol dari tendangan bebas yang memang menjadi keahlian spesial dari pemain favoritku, David Beckham. Jaraknya cukup jauh dan mengenai mistar gawang lalu masuk kedalam dan GOOOOOLLLLLLLLLL. Aku berlari menyusuri lapangan berteriak karena kegirangan. Sayang gak ada yang mendokumentasikannya. Hiks, hiks, hiks....

Goodbye Becks. I'll always miss your playing. Thanks sudah memberikan inspirasi hingga saat ini.



Kisah Inspiratif : Abang Penjual Penyet dan Pembelinya

Kamis, 09 Mei 2013 | 0 komentar

Ini gak murni kisah nyata koq jadi jangan terlalu berlebihan. Tapi tetap ambil hikmahnya ya. Yah, walau terinspirasi dari realita tapi tetap dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan sedikit merica. Jadi dah  tu nasi goreng. Hehehe, malah ngelantur. Begini ceritanya :

Malam itu selepas shalat maghrib berjama'ah di mesjid aku dan teman-teman kontrakan makan di salah satu warung penyet yang tidak begitu jauh dari kontrakan kami. Setelah mengambil tempat duduk masing-masing kami memesan menu yang tersedia disana. Sekitar 15 menit kemudian sepasang insan masuk dan langsung mengambil posisi duduk di sebelah kami. Wah begitu mesranya mereka terlihat. Padahal belum tentu juga mereka berada dalam satu pelaminan. Hehehe, omongan anak jomblo terhormat ya gini. Kemudian sang lelaki memesan makanan kepada abang penjual penyet dan pesanan kami disaat yang sama telah tersedia di hadapan untuk segera disantap. 

Mungkin ne orang baru pertama kali datang kesini pikirku. Sebab pesanan mereka telah diberikan namun pasangan kekasih ini terlihat bingung, koq gak ada nasinya. Emang disini kalau nasi ya ambil sendiri. Lama menunggu (mungkin pikir mereka nasi akan datang kemudian) koq abang penyetnya gak datang-datang bawa nasi. Emang dia pikir kita ini vegetarian plus lauk apa. Hehehe, becanda itu...

Tiba-tiba sedang asyiknya melahap makanan yang hampir kelar, terdengar bunyi pukulan meja begitu keras. Plakk... Bang tau gak kami ini dari tadi belum dapat nasi. Masih juga 10 menit udah dibilang dari tadi (dalam hatiku). Wajar sih ya, laki-laki biasanya gak mau kelihatan bodoh atau gak baik dimata kekasihnya. Selalu ingin terlihat baik dan bisa menjadi sosok pelindung bagi kaum hawa ini.

Abang penyet melihat dan mendengar kelakuan sang lelaki ini langsung berkata,"Maafkan kami mas. Akan segera kami ambilkan".
Dalam hatiku (Padahalkan tinggal bilang ambil sendiri j mas nasinya. Kenapa pake minta maaf segala bahkan diambilkan lagi tu nasi).

Oooo, dengan perenungan yang mendalam akhirnya kutemukan jawaban itu sambil asyik melahap penyet yang begitu nikmat. Emang mesti pake perenungan segala ya. Weislah rak usah dipikir. Mungkin sahabat sekalian juga tahu ya kenapa abang penyet malah memberi jawaban seperti itu. Kalau gak tahu bisa SMS ke no ini.Ketik REG SPASI KIRIM KE HATIMU. Malah ngawur iki... 

Tapi menariknya saat sang lelaki ini ingin membayar abang penyet sambil pura-pura, berjalan perlahan mendekat kepadanya dan berbisik,"Mas besok kalau makan disini lagi nasinya ambil sendiri ya",
Sang lelaki dengan kaget sambil bengong ngomong,"Iya mas".


 
Copyright © -2012 Alfajar_27 Weblog All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks